Selasa, 14 Juni 2011

Arti penting propaganda dalam pilkada


PEMBAGIAN IKLAN

A.  Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

1.      Comercial Advertising
Ilklan jenis bertujuan untuk mendukung kampanye pemasaran suatu produk atau jasa. Iklan ini terbagi menjadi dua :

a.      Iklan Strategis
Di gunakan untuk membangun merek. Hal itu di lakukan dengan mengkomunikasikan nilai merek dan manfaat produk. Perhatian umum dalam jangka panjang adalah memposisikan merek serta membangun pangsa pikiran dan pangsa pasar. Iklan ini mengundang konsumen untuk menikmati hubungan dengan merek serta meyakinkan bahwa merek ini ada bagi para pengguna.
b.      Iklan Taktis
Memiliki tujuan yang mendesak. Iklan ini di rancang untuk mendorong konsumen agar serta melakukan kontak dengan merek tertentu. Pada umumnya iklan ini memberikan penawaran khusus jangka pendek yang memacu konsumen memberikan respon pada haroi yang sama.
2.      Corparate Advertising
Iklan yang bertujuan membangun citra perusahaan yang pada akhirnya di harapkan juga membangun citra positif produk-produk atau jasa yang di produksi oleh perusahaan tersebut. Iklan corporate akan efektif bila didukung oleh fakta yamh kuat dan relevan dengan masyarakat, mempunyai nilai berita dan biasanya selalu di kaitkan dengan kegiatan yang beroriantasi pada kepentingan masyarakat. Iklan coparate merupakan bentuk lain dari iklan strategis ketika sebuah perusahaan melakukan kampanye untuk mengkomunikasikan kepada Public.

Iklan corporate sering kali berbicara tentang nilai-nilai warisan perusahaan, komitmen perusahaan kepada pengawasan mutu, peluncururan merek dagang atau logo perusahaan yang baru atau mengkomunikasiakn kepedulian perusahaan terhadao lingkungan sekitar.

3.      Public Service Advertising
Ikaln Layanan Masyarakat merpakan bagian dari kampanye social marketing yang bertujuan menjual gagasan atau ide untuk kepentingan atau layanan masyarakat. Biasanya pesan Iklan Layanan Masyarakat berupa ajakan, pertayaan atau himbauan kepada masyarakat untuk melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan demi kepentingan umum atau merubah perilaku yang “tidak baik” supaya menjadi lebih baik, misalnya masalah kebersihan lingkungan, mendorong penghargaan terhadap perbedaan pendapat, anti narkoba dan sebagainya.

B.  Iklan Dibagi Menjadi Berbagai Kelompok

Iklan dapat di bagi menjadi berbagai macam kelompok. Menurut pendanaannya iklan di bagi menjadi 2 yakni iklan gratis dan iklan pembayar.

Ø  Iklan gratis
Iklan gratis adalah iklan yang dalam pemasangannya tidak memerlukan biaya. Contoh dari iklan gratis adalh ikalan baris yang dapat anda pasang di situs Iklanbarisgratis1.com
Ø  Iklan Berbayar
Iklan bebayar adalah iklan yang dalam pemasangannya memerlukan biaya. Contoh iklan berbabayar sangat banyak. Aiklan di TV, Radio, di Koran, poster, reklame dan billboard memerlukan biaya dalam pemasangannya.

C.  Pembagian Iklan Menurut Sifatnya 

Menurut sifatnya, iklan dikelompokan menjadi iklan komersial dan iklan non komersial.
Ø  Iklan Komersial
Iklan komersial adalah iklan yang menawarkan barang dan jasa. Sebagaian besar iklan yang kita temui di berbagai tempat merupakan iklan komersial.

Ø  Iklan Non Komersial
Iklan non komersial biasa di sebut juga sebagai iklan social atau iklan layanan masyarakat. Iklan layanan masyarakat ini bertujuan untuk pencapaian kondisi berkehidupan ynag lebih baik ( menurut pesangan iklan ). Contoh iklan non komersial antara lain ; Iklan tentang narkoba, iklan tentang rokok, iklan tentang pemanasan global atau iklan tentang global warning, iklan tentang pencemaran air, dan iklan tentang penggundulan hutan. Contoh-contoh iklan tadi merupakan sebagian kecil dari contoh iklan layanan masyarakat atau non komersial.

D.  Pembagian Iklan Menurut Media Yang Digunakan

Ø  Iklan Cetak
Iklan cetak adalah iklan  yang penyebarannya dilakukan melalui media cetak. Contoh iklan cetak antara lain ; Poster, Spanduk, baliho, reklame, iklan baris di Koran, flyer atau selebaran.

Ø  Iklan Elektro

Iklan elektronik adalah iklan yang penyebarannya melalui media elktronik. Contoh dari iklan elektronik antara lain; Iklan di Tv, iklan di radio, iklan di internet. Iklan di internet ini masih terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain; banner, iklan baris, straming dll.


E.    Pembagian Iklan Menurut Efektifitasnya

Menurut efektifitasnya, iklan dapat di bagi menjadi iklan ynag efektif dan iklan yang tidak efektif.


Ø   
Ø  Iklan Efektif
Iklan efektif adalah iklan yang dapat menyampaikan informasi dari pemasang iklan kepada penerima iklan. Factor-faktor yang menentukan keefektian  suatu iklan antara lain kepadatan materi, kesederhanaan bahasa.
Ø  Iklan tidak efektif
Kebalikan dari iklan adalah iklan tidak efektif. Secara sederhana, iklan tidak efektif adalah iklan yang tidak mampu menyampaikan informasi dari pemasang iklan kepada pembaca iklan. Entah karena terlalu panjang, bertele-tele, atau bahasa yang terlalu rumit dan kurang dipahami oleh penerima iklan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar